Sebuah Kontemplasi Diri, dan Teriakan Minta Tolong

Gue udah kira" 3 mingguan mulai kuliah. Bener" semuanyha beda dari bayangan gue. Emang bener sih semuanyha tuwh lebih bebas. Nggak adha yg ngejar" gue harus bikin assignment. Ngga adha yg ngomel"in gue kalo gue salah bikin sesuatu. Gue bener" left alone to fend for myself or die trying. Welcome to University life sa. Get ready to die young!

Sebenernyha it's not that bad. Gue sekarang bisa manage waktu gue lebih bebas en lebih efektif, karena semua independent skill gue dipake dan dites, tapi tetep aja, ini masih satu shock buat gue. Perubahan dari year 12 dan sma di indonesia itu gede banget, dan gue agak" ngga siap. Gue masih takut ketinggalan, takut salah, malu bertanya, sesat di kampus (ini beneran loh! gue nyasar di kampus).

Gue kuliah di UWA (UI-nyha Western Australia deh), dan gue ngaku universitas ini bagus. Banyak yg nyoba masuk sini karena pamornyha gede. Gue ngaku bangga bisa masuk en bisa diterima disini, karena gue jugha denger kalo tempat ini one of the best in Australia and the world. Gue ngambil kedokteran (ThanK You, Great Olmighty Dude!!!), dan buat semua yg tau, kedokteran itu gila"an. Belajar, belajar, belajar.... Pendeknya berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian, kalo apes mati tenggelam kelelahan. Itulah kedokteran di mata semua orang. Gue belon berani bilang apa", soalnya gue baru disini 3 minggu, tapi gini aja gambarannya, gue tidur sehari kira" 2 jem. Mata kantongan...?? So pasti doongg...!! (gue ngga bangga..)

So far gue ngerasa so good. Belon ada masalah yg berarti, bahasa masih bisa gue ikutin, kelas" ampe sekarang belon bikin gue terlalu gila, walaupun emang yg namanya kelas dari jem 9 pagi ampe jem 5 sore non-stop tanpa istirahat itu memang bikin cape, tapi gue bersyukur, karena gue harus mengeluarkan potensi gue yg paling gede, dan gue ini walaupun malesnya kaya sinchan, tapi gue suka mengeluarkan the best in me. Ini yg gue dapet so far. Tapi ada satu masalah yg bikin gue ngerasa minder, takut, en mudah"an ngga bakal ngefek ke prestasi gue. Dan masalah itu adalah....

Ceritanya gini. Gue ini orang yg suka jalan sendiri, karena kebersamaan itu bukan sesuatu yg penting buat gue. Gue ngga harus jalan sama temen" gue, dan gue ngga harus selalu ikut kemana mereka pergi. Gue adalah orang yg antisosial, penyendiri, player di belakang layar, dan gue bangga. Gue bangga karena gue ngga friend-centered, gue ngga bergantung ama keputusan dan kemauan temen" gue. Loe mau ke mall? Oke silakan. Tapi jangan paksa gue ikut kalo gue ngga mau. Seringkali orang nemuin gue jalan sendirian di mall, ato di city, ato ngafe sendirian sambil baca buku. Itu ngga aneh. Seperti yg udah gue bilang, gue suka solitude, i'm my own person, dan sendiri itu enak. Enough about that, let's get to the real problem.

Gue lagi jalan sendirian dari satu kelas ke kelas laen. Berhubung gue kedokteran, kita ini kalo jalan bergerombol 250 orang semua bareng" dari satu kelas ke kelas laen, soalnya kelas kita semua sama, semua wajib. Jadi kalo loe anak kedokteran di UWA, jarang" loe nyasar. Selalu ada yg bisa loe tanya, sekarang kita kemana? Dan loe pasti aman. Gue ngga punya tmn baek di kedokteran, karena yg kaya gue udah bilang. Gue ini antisosial. Gue lagi jalan sendirian pas tiba" gue nyadar. Semua orang di sekeliling gue jalan lebih cepet dari gue. Gue mulai mikir, apa ini ngga cuma soal kecepatan jalan? Apa gue telat dan lebih slow di bidang" laen juga? Apa begini juga dalam pelajaran? Apa gue bakal ketinggalan karena semua orang jalan kaya orang hamil kebelet mo brojol? Atau memang gue pelan???

Gue mikirin ini ngga ilang" dari kemaren gue nyadar hal itu. Gue suka merhatiin orang" di sekitar gue yg kedokteran juga ngobrol. Ini penggalan percakapan" mereka...

"Did you find the parathyroid gland in the fetal pig? I couldn't find it. Someone said it was behind the oesophagus, but all i could find was the trachea...."

"So what exactly is the parietal cervical membrane? I always thought that it was the one separating the kidneys from the servicals, but I just saw....."

"What about the Carbon chains in carbohydrate? I'm not comfortable calling it monomer because it is actually a polymer. So then ...."

Itu sedikit dari yg gue denger setiap hari. Gue ngga tau semua itu bener apa ngga, yg jelas buat kuping gue yg tajam tapi awam (gue jalan itu sambil dengerin orang laen ngomong. gue ngga jalan sambil ngomong ndiri. i'm not that messed up yet...), semua itu bikin gue pusing en bertanya-tanya. Gue ngga pernah ngomongin itu sama temen" kedokteran gue, apa itu berarti gue bego? Gue ngga tau inti pertanyaan temen" gue kalo mereka lagi nanya di kelas, dan gue ngga pernah nanya yg sekaliber itu, apa itu berarti gue pelan? Apa gue cuma nerima pelajaran apa adanya tanpa nyari tau lebih? Apa gue pantes ada disini? Apa gue punya mental anak kedokteran? Apa gue pantes jadi anak kedokteran di UWA? Apa gue siap ngabisin 34000 dolar setiap tahun dengan semua pertanyaan" ini? Dan yg terakhir, yg paling gue benci, tapi yg paling deket ama gue, apa gue akan gagal.....? Bagaimana kalo gue gagal? Gantung diri? Minum cairan pewangi pakaian? Kabur dari rumah? Cari cowok, dihamilin, dan merusak semuanya sekalian...?

Gue adalah orang yg paling takut gagal. Kegagalan kata orang adalah awal keberhasilan, tapi gue bukan jenis orang yg mau gagal dulu baru berhasil. Gue pengen langsung berhasil. Memang kesannya terlalu over dan ngga tau diri, tapi itulah gue. Gue yg keras kepala, gue yg cuek, gue yg ngga mau tau, gue yg ketakutan. Gue takut banyak hal, tapi satu itu yg paling gue benci. Gue benci kegagalan. Gue benci rasa malu karena gagal. Gue benci harus kecewa karena gagal. Gue benci perasaan bersalah, perasaan bego, perasaan marah! Semua karena gue gagal. Did I mention gue benci kegagalan..??

Jadi sekarang gue lagi butuh dukungan mental. Gue ngga mau gagal. Gue tau gue ngga bisa jalan secepet bule" itu. Gue tau gue ngga suka nanya hal yg tinggi". Gue tau gue ngga suka ngebahas soal isi perut fetus babi yg baru tadi gue bedah, atau fisiologi servics mayat yg gue liat hari rabu minggu kemaren sambil jalan dari satu kelas di ujung kampus ke kelas lain di ujung lain (jalan dari satu kelas ke kelas laen tuh bisa 10 menitan, dan ini bukan cuma gue!!!). Gue tau gue ngga semua itu, tapi yg gue tau gue ngga mau gagal. Gue punya diri gue sendiri, tapi untuk sekarang ini gue ngga bisa sendiri, karena semua bagian badan dan jiwa gue ini lagi ketakutan. Tolong guys, give me some boost. Gue bener" lagi bingung en takut, en gue butuh loe right now. Please help me. I'm scared. Thank you.

Comments

Popular posts from this blog

Uncertain

Dreams.

Ujan ayam, cu...