Surat untuk Adik. Jangan buka sampai 2013!

Dearest Andrea,

Sekarang tahun 2005, dan kamu masih TK. Ini surat dari kakak untuk kamu, tapi mudah"an saat kamu baca kamu sudah besar. Sudah remaja. Sudah waktunya dapat nasihat. Dan mudah"an, Papa dan Mama masih ada...

Akan ada waktunya untuk hal" yg baru. Hal" yg tidak lagi baru untuk kakak. Semua itu sudah lewat jauh saat kamu baca surat ini. Akan ada waktu dimana kamu membenci orang tuamu, membenci kakak, membenci dunia karena tidak ada yg mengerti kamu. Akan ada waktu untuk pemberontakan", pasang anting" dimana mana, luapan" kemarahan yg ditujukan pada entah siapa. Waktu untuk beribu kegagalan dan segelintir keberhasilan. Waktu untuk bosan yg tiada ujungnya, pencarian yg entah kapan ketemunya, kesedihan yg entah kapan surutnya. Dan akan ada waktu untuk beribu air mata dan berjuta kehilangan.

Akan ada saatnya untuk hasrat" yg meluap. Ketertarikan pada lawan jenis, nafsu, perubahan, perasaan" aneh. Waktu untuk bereksperimen, mencoba hal" baru. Waktu untuk mengikuti tren, tunduk pada tekanan teman", mencari jati diri, menutup telinga pada kata hati. Akan ada hal" yg membuat kamu merasa bersalah, karena kamu tahu harusnya tidak kamu lakukan tapi kamu lakukan juga, entah kenapa. Kamu akan temui orang" yg aneh, menarik, menakutkan, jahat, baik, jujur, pembohong, kamu akan temui semuanya, dan kamu akan bertanya tanya kenapa ada orang semacam itu? Apa salah kamu? Kenapa mereka begitu? Akan ada waktu untuk banyak pertanyaan tak terjawab.

Tentu saja, ada saatnya untuk jatuh cinta. Tapi biar kamu rasakan itu sendiri, karena untuk kakak, itu masih berupa misteri, sampai sekarang. Dan dengan jatuh cinta, akan datang sakit hati. Saat itu terjadi, jangan tanyakan apa yg salah dengan dirimu. Maafkan saja dia, karena tidak dapat melihat indahmu. Akan ada banyak "dia" yg lain. Lupakan satu, tumbuh seribu.

Akan ada waktu dimana kamu membenci dirimu sendiri. Bertanya tanya kenapa kamu tidak cantik seperti temanmu yg itu, manis seperti model iklan itu, langsing seperti peragawati itu, pintar seperti orang" itu... Atau mungkin tidak akan ada pertanyaan" itu. Mungkin kamu sudah sangat cantik, manis, langsing, pintar, lebih dari orang" yg lain. Hati" dengan kesombongan. Dia sangat berbahaya.

Kakak ingin meminta maaf, karena kakak tidak dapat berada disana terus. Kakak sangat jauh, walaupun kakak sangat ingin melihat kamu tumbuh. Ingin dapat mengatakan semua ini sendiri tanpa harus lewat surat. Setiap kamu bertanya "Kapan kakak pulang sekolah?", hati ini menangis. Kakak ingin pulang. Mungkin nanti. Ya, sayang?

Ada banyak hal yg kakak lupa tuliskan. Tapi nanti kamu akan tahu sendiri. Dan mudah"an, nanti kakak masih disana untuk membantu kamu menyusuri jalan yg sudah kakak lewati sendiri. Akan ada banyak perubahan pada jalan itu, tapi kakak sudah tahu dimana saja ada hambatan. Mudah"an, kakak masih ada untuk melihat kamu menjalani semuanya.

Missing you very much,
Kakak.






kangen...

Comments

Popular posts from this blog

Uncertain

Dreams.

Ujan ayam, cu...